TIps Riset Pasar

Cara Riset Pasar Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Banyak bisnis berinvestasi besar-besaran dalam menerapkan strategi pengembangan produk mereka, berharap hasilnya akan menarik konsumen untuk membeli produk mereka. Tetapi banyak bisnis mengabaikan tren pasar yang dapat menarik lebih banyak pelanggan dan mempertahankan penjualan mereka.

Dalam kasus pembicaraan bisnis, ini adalah tentang membuat keputusan berdasarkan data dan menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Pertama dan terpenting, Anda harus memverifikasi pemikiran dan ide Anda tentang hasil riset pasar.

Banyak pengusaha memiliki kesalahpahaman yang sama. Mereka percaya produk baru sudah cukup untuk memenangkan pasar. Sayangnya, desain saja tidak akan menjamin kesuksesan bisnis Anda. Faktor-faktor lain, bagaimanapun, secara tak terduga mempengaruhi tingkat pertumbuhan bisnis.

Melakukan riset pasar seperti memiliki akses ke teknologi satelit mata. Jika Anda menafsirkan data dengan benar, Anda akan dapat melihat kebijakan pesaing, mengenali tren industri, dan memahami perilaku konsumen.

Riset pasar diperlukan dalam banyak usaha bisnis. Namun, sudut pandang adalah waktu yang paling penting untuk memulai bisnis Anda sendiri. Meneliti kebutuhan pelanggan adalah cara terbaik untuk mengambil tindakan saat ini. Produk Anda harus membantu pelanggan mencapai tujuan mereka, jadi penting untuk belajar beradaptasi dengan pasar.

BACA JUGA  Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk Mahasiswa

Berikut adalah tiga langkah untuk riset pasar yang akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat.

Kumpulkan data langsung dari pengguna

Mengundang calon pelanggan ke bisnis Anda menggunakan diskusi mendalam atau proses kelompok bisa sangat membantu. Jika Anda kesulitan berkomunikasi dengan klien, maka Anda bisa menggunakan jasa atau jasa perusahaan riset yang Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan riset ternama. Anda juga dapat menggunakan alat digital seperti Survey Monkey (surveymonkey.com), Qualaroo (qualaroo.com) dan Super Simple Survey (supersimplesurvey.com) untuk mengumpulkan informasi dasar agar Anda dapat mendengar langsung dari pengguna.

Cukup dengan membuat daftar pertanyaan umum dan mengirimkannya melalui email atau media sosial. Perangkat lunak memberi tahu Anda ketika pengguna menyelesaikan tes. Formulir digital mudah dibuat dan didistribusikan, tetapi memiliki satu kelemahan: tingkat respons yang rendah.

Penting untuk mendengarkan umpan balik pelanggan. Jika kesan menunjukkan bahwa Anda perlu membuat beberapa perubahan besar dengan cara tertentu, Anda mungkin ingin meninjau rencana bisnis Anda. Di sisi lain, jika hasil menunjukkan bahwa membuat perubahan kecil akan menarik lebih banyak pelanggan, Anda harus berbagi informasi dengan tim bisnis Anda. Anda harus mencari dukungan untuk memasukkan ide-ide yang berfokus pada pelanggan ini untuk tujuan pengembangan produk.

BACA JUGA  Usaha Sampingan dengan Waktu Fleksibel Minim Modal, Ini Dia Daftarnya

Periksa strategi kebijakan pesaing Anda

Ini adalah kunci untuk menganalisis pesaing langsung dan tidak langsung. Memahami kekuatan dan kelemahan mereka memungkinkan Anda untuk mendukung bisnis Anda melalui masa-masa sulit dan memanfaatkan peluang baru. Program seperti Deteksi Perubahan (changedetection.com) memungkinkan Anda melacak dan melacak perubahan yang dibuat pada situs web pesaing Anda.

Google menyediakan beberapa alat terbaik untuk menemukan tren dan sikap industri tentang etika. Ini adalah Google Trends adalah tools untuk riset pasar yang cepat dan akurat. Google Trends juga menguraikan tren terbaru di berbagai industri.

Bergantung pada niche dan kebutuhan Anda, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam layanan premium berbayar seperti Gartner (Gartner.com) atau Statista (statista.com). Alat ini mengumpulkan data dan churn dalam bentuk kertas putih dan laporan. Anda juga akan menemukan banyak sumber informasi gratis atau murah untuk mendukung hasil yang efektif. Arsip Internet (archive.org), Strategi Terbuka (openstrate.gy) dan SEMRush (semrush.com) juga sangat penting.

Jalankan dan lihat kemajuannya

Jumlah data yang dikumpulkan sejauh ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang arah bisnis Anda. Anda harus terus memantau minat pelanggan sepanjang siklus produk, sehingga Anda dapat menyesuaikan penggemar penjualan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

BACA JUGA  Jenis Usaha yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi

Tingkat konversi Anda adalah cara terbaik untuk menarik pelanggan Anda. Intinya, tingkat konversi Anda adalah jumlah pengunjung yang memutuskan untuk masuk atau membeli produk Anda, dibandingkan dengan jumlah total pengunjung.

Meskipun setiap industri memiliki tingkat konversi yang berbeda, aturan umum berlaku: Ketika tingkat perubahan tinggi, itu lebih baik. Alat gratis seperti Google Analytics atau layanan seperti Unbounce.com membantu Anda melakukan pengujian yang terbagi dengan baik, meningkatkan laman landas, dan meningkatkan pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *