Bagaimana-Cara-Bisnis-Online-Bisa-Bertahan
Source Image : www.idcloudhost.com

Jenis-Jenis Bisnis Online yang Menguntungkan

Ketersediaan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari menyebabkan munculnya berbagai bisnis online baru. Saat ini banyak sekali bisnis online yang mencoba berkembang tanpa modal.

Namun, sebelum Anda mulai mengembangkan bisnis online, Anda perlu mengetahui jenis-jenis bisnis online. Pengetahuan ini sangat penting karena dapat melindungi Anda dari potensi kejahatan dalam sistem perdagangan online.

Jenis Bisnis Online

1. Dropshipping

Drop merupakan contoh bisnis online yang sangat berkembang karena keuntungan yang ditawarkan. Anda bisa berbisnis dengan menggunakan internet dan hanya menggunakan smartphone atau laptop.

Untuk memulai bisnis pengiriman, Anda perlu menemukan produsen yang ingin Anda jual. Selanjutnya, mereka membentuk kemitraan drophipping di mana mereka bertindak sebagai dropshipper dan bertanggung jawab untuk memasarkan produk.

Selain itu, jika ada konsumen yang tertarik, Anda hanya perlu menyampaikan informasi konsumen kepada produsen. Barang dikirim langsung ke produsen tanpa harus melalui Anda.

BACA JUGA  10 Bisnis Rumahan Tanpa Modal Omzet Jutaan

Jadi Anda tidak perlu modal untuk membeli produk dan Anda hanya perlu memastikan produk sampai ke tangan konsumen. Anda dapat menggunakan berbagai media sosial untuk menjangkau konsumen secara online.

Jenis bisnis online ini banyak digunakan untuk produk pakaian, kosmetik dan makanan beku. Meski tidak terlibat secara langsung, Anda perlu memastikan bahwa produk yang Anda jual benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Affiliate Marketing 

Berikut ini adalah program afiliasi atau referral untuk bisnis online. Jika Anda berhasil mengundang pelanggan untuk menggunakan produk dari program terkait, program ini pada dasarnya akan ditugaskan.

Sistem pengiriman dan jumlah uang sangat tergantung pada besar kecilnya usaha dan sulitnya mencari pelanggan. Bisnis ini sangat ideal untuk orang-orang yang memiliki jaringan sosial yang besar dan kemampuan untuk mengundang orang lain.

3. Pay per Click

Bayar per klik pada dasarnya sama dengan sistem berbayar untuk setiap pengunjung yang datang dari situs Anda. Perbedaannya terletak pada sistem yang digunakan.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Sampingan yang Bisa Dikerjakan Karyawan

Anda akan dikenakan biaya untuk setiap klik yang dihasilkan oleh PPC. Besarnya komisi tergantung dari penyedia bisnis PPC. Beberapa penyedia PPC adalah Google AdSense, Adsensecamp.com atau sitti.co.id.

Anda dapat memposting gambar, gif, atau teks di halaman web Anda. Usahakan agar link mudah diakses pengunjung namun tidak mengganggu kenyamanan pengunjung website Anda.

4. Toko Online

Jika ini adalah bisnis online, Anda pasti yang paling populer. Toko online pada umumnya mirip dengan toko karena menjual produk atau jasa kepada konsumen. Yang membedakan adalah media yang digunakan.

Anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp untuk membuat toko online. Selain itu, ada platform belanja online gratis seperti Shop, Tocopedia, Bukalapak, dan Jed.

Memiliki platform belanja dan belanja online memudahkan pemilik toko online untuk menjangkau konsumen. Selain itu, banyak platform menawarkan voucher diskon untuk mendorong konsumen membeli produk.

5. High Yield Investment Program (HYIP)

HYIP diklasifikasikan sebagai bisnis online yang berbahaya. Jenis usaha ini dibangun dengan menggunakan metode ponzi. Dalam skema ini, hanya para pebisnis papan atas yang bisa mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA  Jenis Usaha yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi

Ciri khas dari bisnis ini adalah prospek keuntungan yang besar, bahkan tidak masuk akal. Pedagang baru sering diminta untuk menyetor sejumlah uang. Setelah uang terkumpul dalam jumlah besar, bisnis langsung tutup dan tidak ada kabar.

Jadi, Anda perlu memahami potensi celah kejahatan. Anda bisa mencari daftar bisnis online yang bermasalah sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online tertentu.

Sangat mudah dan cepat untuk membuat bisnis online. Namun, tidak semua bisnis online bisa dipercaya, dan ada beberapa jenis bisnis online yang harus diperhatikan. Jadi sebelum Anda memulai bisnis online, pastikan Anda memilih penyedia layanan yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *