bisnis untuk mahasiswa

Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan untuk Mahasiswa

Mahasiswa pada umumnya memiliki kebutuhan yang lebih besar daripada mereka yang tingkat pendidikannya lebih rendah. Untuk memenuhi kebutuhan ini, beberapa mahasiswa memulai usaha kecil.

Ada banyak contoh usaha bisnis kecil untuk dipilih. Apakah mereka?

Berikut ini 7 ide bisnis kecil untuk mahasiswa untung besar

1. Penjualan bucket bunga dan snack

Salah satu peluang bisnis paling menguntungkan yang dapat ditawarkan mahasiswa adalah menjual bucket. Bisnis ini akan laris manis ketika wisuda. Jenis bucket yang bisa Anda buat adalah bunga, makanan ringan, uang, boneka, dll.

Modalnya sangat terjangkau untuk membuat bucket bunga, jajanan, dll tanpa menguras kocek mulai dari 10 ribu saja. Tambahkan aksesori cantik sediakan bahan latar bucket pilihan warna berbeda.

2. Penulis Artikel Paruh Waktu

Mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan kumpulan karya tulis. Tanpa disadari, Anda akan belajar menulis dengan bahasa yang baik dan benar. Jika kemampuan ini terus meningkat, Anda mungkin menyukai dunia menulis.

BACA JUGA  10 Bisnis Rumahan Tanpa Modal Omzet Jutaan

Setelah Anda menemukan ciri-ciri tulisan Anda, cobalah berpartisipasi dalam pekerjaan paruh waktu, seperti menulis artikel. Pekerjaan ini tergolong contoh usaha modal kecil dengan keuntungan besar yang cukup menjanjikan. Anda hanya perlu membaca banyak buku untuk memperluas gaya penulisan Anda.

3. Penjualan buku

Menjual buku juga bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Buku merupakan salah satu kebutuhan mahasiswa, sehingga pasti akan laku terjual. Anda hanya perlu tahu jenis buku apa yang sedang dicari teman Anda.

Pastikan untuk membeli buku dengan harga murah sehingga Anda dapat menjualnya kembali dengan harga yang sama seperti di pasar. Anda juga bisa menawarkan buku bekas dengan harga yang lebih terjangkau. Usahakan tetap menghasilkan profit 20%-30%.

Penjualan Anda akan semakin ramai jika diiklankan di berbagai media sosial. Gunakan fitur “iklan” untuk membuat produk Anda semakin terlihat dan populer di kalangan banyak orang. Menyediakan pilihan paket tabungan buku agar konsumen lebih tertarik.

4. Penjualan makanan

Salah satu usaha yang murah dan bermodal kecil adalah berjualan makanan ringan. Sebagai mahasiswa yang sibuk, Anda tidak harus melakukan ini sendiri. Ambil saja produknya di toko kelontong.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Agar produk cepat laku, harga jual yang ditawarkan harus sesuai dengan kantong mahasiswa, mulai dari hanya 2 ribu hingga 10 ribu rupiah. Ketika Anda dapat mengelola bisnis ini dengan baik, Anda dapat melanjutkannya ketika Anda kembali ke desa.

5. Usaha Waralaba

Jika Anda seorang pelajar yang ingin menambah uang jajan, Anda bisa memulai bisnis dengan atau tanpa waralaba. Jenis usaha ini tidak merepotkan Anda karena semua perlengkapan dan aksesoris sudah disediakan oleh masing-masing pihak.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan branding, karena bisnis ini sudah memiliki “nama” di masyarakat, seperti bisnis kopi modern. Jika bisnis ini sibuk, Anda fokus mengelolanya, Anda akan mendapat untung besar Anda akan dapat memperluas jaringan bisnis Anda.

6. Jasa Percetakan

Usaha rumahan sekaligus pengetikan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa adalah jasa percetakan. Tidak bisakah setiap siswa mengetik? Ya, semuanya mungkin. Namun, masih ada siswa yang menyerahkan tugas mengetiknya kepada orang lain.

Ini adalah peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang saku tambahan. Tidak hanya menawarkan layanan input, Anda juga bisa mendapatkan layanan pencetakan file untuk menghasilkan lebih banyak uang.

BACA JUGA  Jenis-Jenis Bisnis Online yang Menguntungkan

7. Penjualan kuota internet

Kebutuhan kuota internet semakin hari semakin menggila. Hampir semua siswa sudah memiliki smartphone. Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi bisnis afiliasi Anda untuk menjual kuota internet.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda bisa memilih operator dengan tarif terendah. Bisnis Anda seharusnya tidak hanya menawarkannya kepada teman sekelas Anda, tetapi juga mempromosikannya melalui media sosial. Jangan lupa untuk memberikan iklan yang menarik pada waktu-waktu tertentu.

Contoh bisnis modal kecil dengan keuntungan tinggi yang dijelaskan di atas dapat berhasil jika diimbangi dengan keterampilan manajemen bisnis yang baik. Juga, terus perbaiki ide bisnis apa yang bisa dilakukan nanti dengan melihat lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *